• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Institut Daarul Qur'an Jakarta

Profil Lulusan

Profil lulusan Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah

Profil lulusan hasil kurikulum integratif diukur melalui berbagai domain kemampuan meliputi kognitif, afektif danpsikomotorik. Sosok yang diharapkan selain mencerminkan kekuatan intelektual, juga memiliki kecerdasanemosional dan spiritual, sehingga terbentuk sosok kepribadian yang utuh. Ilmu yang dimiliki hanyalah salah satu instrumen dalam peningkatan dan pengembangan diri, selain iman dan amal saleh. Gagasan inovatifnya dituangkan dalam bentuk perilaku yang santun, komunikasi yang bijak, kesalehan sosial, dan interaksi yang memberi kemaslahatan umat.

Profil lulusan Program Studi Manajemen Bisnis Syariah merupakan hasil dari proses pendidikan di program studi, menyatakan peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi Manajemen Bisnis Syariah di dunia usaha, dunia kerja atau industri. Profil utama lulusan Program Studi Manajemen Bisnis Syariah adalahsebagai Praktisi Bisnis Syariah, Wirausahawan, Konsultan Bisnis Syariah dan Peneliti dalam Bidang BisnisSyariah yang dideskripsikan dalam tabel berikut.

NOProfil LulusanDeskripsi Profil Lulusan
1Praktisi                   Bisnis SyariahSarjana Ekonomi yang berkepribadianyang baik, berpengetahuan luas dankontemporer di bidangnya serta mampumenerapkannya dalam keilmuan dankeahliannya sebagai praktisi di bidangproduksi, pemasaran, keuangan, danatau sumber daya manusia; yangberdaya saing tinggi dan berakhlakkarimah.
2WirausahawanSarjana Ekonomi yang berkepribadianbaik, berpengetahuan luas dankontemporer di bidangnya serta mampumenerapkan dalam keilmuan dankeahliannya dalam melakukan bisnisyang Islami; mampu melakukanperancangan               usaha               danmengimplementasikannya dalam praktikbisnis, menerapkan etika dalam perilakuorganisasi, dan mengembangkan bisnisyang dapat memberikan kontribusi bagikesejahteraan umat berlandaskan etikakeislaman, keilmuan dan keahlian.
3Konsultan BisnisSyariahSarjana Ekonomi yang siap menjadiKonsultan bisnis syariah yangmenguasai konsep manajemen bisnissyariah dan mampu memberikan sarantentang keputusan usaha dan investasiyang harus dilakukan oleh client .
4PenelitiSarjana Ekonomi yang siap menjadipeneliti    yang     produktif,    Mengusaimetode penelitian dengan baik, danMampu melakukan penelitian dalambidang manajemen bisnis syariah
5Praktisi         PasarModal SyariahSarjana Ekonomi yang Memilikikemampuan            analisis            resiko,perencanaan dan pengelolaan keuanganserta analisis investasi pasar modalsyariah.

Profil Lulusan

Program Studi Manajemen Bisnis Syariah 

Profil utama lulusan Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (Mu’amalah) adalah sebagai praktisi hukum (calon hakim, calon advokat, calon mediator), Sharia Contract Drafter, Peneliti Pemula dan Pengawas Lembaga Keuangan Syari’ah yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, serta mampu melaksanakan tugas umum sebagai praktisi hukum Islam dan tugas khusus sebagai praktisi hukum ekonomi syari’ah sesuai dengan etika keIslaman, keilmuan dan keahlian.

NoProfil LulusanDeskripsi Profil Lulusan
1Praktisi HukumSarjana hukum yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir yang mampu melaksanakan tugas umum sebagai praktisi hukumekonomi    syari’ah (mu’amalah)    sesuai dengan etika keIslaman, keilmuan dan keahlian.
2Sharia Contract DrafterSarjana hukum yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir  dan  mampu menyusun berbagai kontrak bisnis terkait produk bank keuangan syariah dan bisnis syariah lainnya.
3Peneliti PemulaSarjana hukum yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab sebagai asisten peneliti bidang   hukum   ekonomi   syari’ah   (mu’amalah) dan hukum Islam berlandaskan ajaran dan etika keIslaman, keilmuan dan keahlian.
4Pengawas Lembaga Keuangan Syari’ahSarjana Hukum yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir yang mampu melaksanakan tugas sebagai pengawas lembaga keuangan syariah