• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Institut Daarul Qur'an Jakarta

Sejarah

Institut Daarul Qur’an Jakarta diselenggarakan oleh Yayasan Daarul Qur’an Indonesia sesuai dengan akta notaris pada tanggal 07 Juni 2010 oleh Yeni Ambaryatun, S.H yang sudah mencantumkan dalam pasal 3 bahwa kegiatan Yayasan Daarul Qur’an Indonesia. Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an didirikan oleh KH. Yusuf Mansur, M.E berlokasi di Kampung Qur’an, Jalan Thamrin Ketapang, Cipondoh, Kota Tangerang, sebuah kawasan yang dibangun oleh Yayasan Daarul Qur’an Indonesia. Lokasi ini sebagai pusat pengembangan Ilmu Qur’an, pelatihan dan menjadi pusat pembibitan penghafal al- Qur’an. Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an adalah pondok pesantren yang mengharmonikan atau mengkolaborasikan pendidikan, lifeskill, sosial, dakwah, dan religi. Saat ini perkembangan Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, bukan hanya di Cipondoh saja namun sudah tersebar di berbagai wilayah seperti Cikarang, Lampung, Banyuwangi, Malang, Semarang, Bogor, Bandung dan di beberapa tempat lainnya, bahkan di Palestina ada rumah Tahfzh Daarul Qur’an.

Saat ini Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an memiliki santri yang tersebar di beberapa wilayah berkisar 6.000 santripenghafal qur’an dan memiliki ribuan Rumah Tahfizh di seluruh Indonesia ditambah dengan santri penghafal qur’an melalui Qur’an Call yang mencapai lebih dari 50.000 santri, serta memiliki pengalaman mengelola pendidikan formal dari mulai KB, TK, SD, SMP hingga SMA. Dan ada keinginan untuk mengembangkan perguruan tinggi.

Pertama, memfasilitasi santri kelas XII (SMA dan sederajat) yang lulus setiap tahunnya dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan keinginan dan  cita-cita santri Daarul Qur’an.

Kedua, peluang berkarir di Daarul Qur’an yang terus mengembangkan pendidikan baik formal dan non formal juga usaha yang mendukung pesantren, diantaranya adalah dengan memiliki unit usaha yang besar dan dukungan dari masyarakatluas, agar Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an dengan unit-unit usaha di lingkungan Daarul Qur’an yang dikelola oleh Daqu Bisnis Nusantara diantaranya, Daqu Mart, Daqu Travel, Daqu Laundry, Daqu Agrotechno, Daqu Klinik, Daqu Printing, Paytren dan sebagainya.

Ketiga, tersedianya fasilitas fisik berupa lahan yang memadai untuk pengembangan pendidikan menjadi sebuah Institut sebagai wadah terciptanya suasana perkuliahan yang asri dan nyaman.

Keempat, atas izin Allah, nama Daarul Qur’an telah menjadi brand dalam dunia pendidikan melalui dengan keyakinan kepada Allah. Insya Allah perguruan tinggi yang didirikan oleh Daarul Qur’an akan menjadi salah satu tujuan masyarakat dalam menempuh pendidikan tinggi.