• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Institut Daarul Qur'an Jakarta
Berita
Sukses! Idaqu Telah Berhasil Mendapatkan Akreditasi dari BAN-PT

Sukses! Idaqu Telah Berhasil Mendapatkan Akreditasi dari BAN-PT

Institut Daarul Qur’an Jakarta (Idaqu) telah mengikuti Asesmen Lapangan secara daring bersama Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka akreditasi Perguruan Tinggi. Akreditasi ini dilakukan selama dua hari yakni pada Senin (1/8) dan Selasa (2/8).

Dalam acara ini hadir secara langsung Rektor Idaqu, Dr. Muhammad Anwar Sani, S.Sos.I., M.E., Warek I Bidang Akademik, Marzuki, S.Kom., M.MSI., Warek II Bidang Administrasi dan Keuangan, Nur Diana Dewi, M.E., Warek III Bidang kemahasiswaan Dan Kedaquan, Rina Susanti Abidin Bahren, M.A., beserta para Dekan, Kaprodi dan seluruh staf civitas akademika Idaqu.

Kemudian sebagai Asesor hadir secara online via zoom, Prof. Dr. Arifuddin Ahmad, M.Ag dari Universitas Islam Negeri Alauddin, Prof. Dr. Muhammad Nasir, S.E.,M,Si. dari – Universitas Muslim Indonesia dan Dr. Ahmad Yani Anshori, M.Ag. dari Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga. Selain para Asesor turut hadir pula, KH. Yusuf Mansur, M.E. selaku Pimpinan Umum Daarul Qur’an dan KH. Ahmad Jameel, M.A. selaku Pimpinan Direktorat Pendidikan Daarul Qur’an.

Acara dibuka dengan pembukaan asesmen yaitu dengan pengenalan panel asesor, kemudian dilanjut dengan pembacaan dan penandatanganan pernyataan asesmen lapangan. Lalu ada sesi dengan pimpinan Perguruan Tinggi yang membahas tentang Konfirmasi terkait: kebijakan
makro pengembangan institusi, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan perguruan tinggi.

Kemudian sesi berlanjut dengan konfirmasi data LKPT yang ditampilkan oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM). Lalu ada sesi dengan Tim Akreditasi yang menginformasikan data Laporan Evaluasi Diri (LED) dan data penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Terakhir sesi di hari pertama ditutup dengan sesi bersama pemangku kepentingan eksternal perguruan tinggi.

Di hari ke dua, asesmen dibuka dengan sesi bersama dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Kemudian dilanjut dengan perumusan draft berita acara oleh Asesor. Setelah perumusan berita acara maka dilanjut dengan penandatanganan berita acara asesmen lapangan dan penyampaian rekomendasi hasil akreditasi ke Idaqu.

Adapun hasil dari Asesmen Lapangan ini telah diresmikan oleh BAN-PT dengan hasil akreditasi “Baik” dengan Nomor : 417/SK/BAN-PT/Ak/PT/VIII/2022 yang berlaku sejak tanggal 4 agustus 2022 sampai 4 agustus 2027.

Leave a Reply

Your email address will not be published.